-->

BELAJAR MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN


Pengunjung yang budiman, pembahasan kali ini berdasarkan permintaan sebagian rekan guru saya untuk memberikan tutorial pembuatan video pembelajaran.
Sebagai seorang pendidik seringkali kita ingin memberikan materi pembelajaran yang terbaik kepada peserta didik agar materi yang kita sampaikan bisa dengan mudah diterima. Banyak metode pembelajaran yang digunakan salah satunya media pembelajaran yang interaktif menggunakan video pembelajaran. Namun kadang kita terkendala pemngalaman untuk membuatnya. tetapi jika kita mau berusaha, tidaklah sulit. Berikut saya bagikan pengalaman saya untuk membuat metode pembelajaran yang saya rangkum dari berbagai sumber.
langkah untuk membuat video pembelajaran sebenarnya ada beberapa cara. Jika kita membuat secara profesional dengan melibatkan banyak pihak (misalnya penyusun naskah, aktor, pengambil gambar, editor dll) maka langkahnya cukup panjang, di antaranya adalah perencanaan kegiatan(termasuk RAB), penyusunan naskah/skenario, pengambilan gambar, penyuntingan (editing) dan launching. Untuk penyusunan naskah video pembelajaran sendiri diperlukan juga penilai ahli, sehingga naskah sudah sesuai dengan substansi pembelajaran dan baru masuk proses berikutnya.
Namun, bagi guru-guru yang ingin membuat video pembelajaran sendiri (tanpa banyak melibatkan orang lain) dapat menggunakan teknik screencast, yaitu teknik merekam aktifitas di layar komputer beserta narasinya sehingga menjadi sebuah video tutorial. Cara ini jauh lebih mudah dan murah karena tidak perlu melibatkan banyak orang, bahkan tidak perlu menggunakan kamera. Guru dapat melakukan simulasi pembelajaran, misalnya menjalankan presentasi PowerPoint disertai suara narasi sehingga menghasilkan video pembelajaran, khususnya tutorial.  Beberapa contoh video screencast ini dapat dilihat di Youtube, dengan kata kunci membuat video pembelajaran dengan screencast.


Bapak/Ibu guru yang budiman. Untuk membuat screencast ini tidak perlu terlalu rumit memikirkan proses, misalnya naskah atau skenario. Cukup kita siapkan media/software untuk merekam dan tampilan yang akan direkam (misalnya PowerPoint, GeoGebra, Paint dll). Untuk narasi sifatnya opsional, artinya kalau kita sudah terbiasa mengajar dengan slide PowerPoint maka kita mungkin tidak perlu membuat narasi karena kita sudah hafal di luar kepala. Tapi apabila video yang dibuat ini dimaksudkan untuk karya ilmiah maka skenario dan naskah tetap harus dibuat dan melalui tahap penilaian akademis.

Software untuk membuat screencast ada banyak pilihan, misalnya  Camstudio. Namun selain itu ada banyak lagi softwere pembuatan media pembelajaran yang bertebaran dengan internet berikut contohnya:
  1. Camstudio (software dan codec) beralamat di http://camstudio.org
  2. Community Clips, merupakan produk dari Microsoft dapat di download dari http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=117503&project=Community%20Clips atau dari  http://codecpack.co/download/Community-Clips.html
  3. Screencast-o-matic, merupakan software screencast yang dapat digunakan secara online (tanpa perlu instal) juga tersedia versi offline. Kedua versi ini dapat diperoleh di situs http://screencast-o-matic.com. Tersedia versi Pro dari software ini yang menyertakan fitur editing dan menghilangkan iklan.
  4. Cute Screen Recorder, dapat didownload dari http://www.videotool.net/screen-recorder-free-version.html
  5. Hypercam, yang berukuran cukup kecil (866 KB), namun pengoperasian sedikit rumit. Dapat didownload dari http://www.hyperionics.com/
Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, misalnya kemudahan pengoperasian, kualitas hasil, besar file video, format video yang didukung dan sebagainya.  Selain dari aplikasi yang disebutkan di atas, masih banyak aplikasi lain yang dapat digunakan untuk membuat rekaman screencast, baik yang gratis maupun berbayar.
Sedikit tambahan, untuk editing video dapat menggunakan Windows Movie Maker atau menggunakan software AviDemux.

Demikian sedikit Pembahasan mengenai Cara membuat video pembelajaran. Jika bapak/ibu berkenan untuk dibuatkan media pembelajaran menggunakan video silahkan hubungi kami.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BELAJAR MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel