-->

Abad 21: Langkah - Langkah Pembelajaran Guru di Abad 21



Ok Brow Guru, Assalmualaikum Wr. Wb
Salam sejahtera untuk kita semua.
Yuk, pembelajaran yang baik untuk anak didik adalah pembelajaran yang bisa diterima dan dimengerti dengan baik oleh anak didik. Namun ada kalanya kita dilapangan terbentur dengan peraturan maupun kebijakan yang mengharuskan kita untuk mengikutinya. ok tak apalah tujuanya juga sama yaitu mencerdaskan anak. 
Langsung saja ya brow, pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenahi langkah pembelajaran di abad 21 ini, yuk bagaimana langkahnya kita simak berikut ini ya? Kegiatan pembelajaran terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Porsinya biasanya seperti yang saya lakukan 10% kegiatan awal, 80% kegiatan inti, dan 10% kegiatan penutup. 
Untuk langkah-langkahnya dibagi menjadi 3 kegiatan yaitu: Kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup
Kegiatan Awal>> Langkah-langkah kegiatan awal antara lain; guru mengucap salam, guru mengajak siswa untuk berdoa, mengecek kehadiran siswa, mengecek kesiapan belajar siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan menyampaikan apersepsi atau mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari saat itu.


Kegiatan Inti>>>Langkah-langkah kegiatan inti antara lain; guru menjelaskan materi, guru menerapkan model, strategi, metode, dan teknik mengajar yang telah ditetapkan dalam RPP. Kegiatan inti merupakan jantungnya pembelajaran. Disitulah pendekatan saintifik, pembelajaran abad 21, HOTS, integrasi literasi dan PPK diterapkan. Walau skenarionya  telah disusun dalam RPP, tetapi dalam prakteknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi kelas. Oleh karena itu, guru harus memiliki kepekaan dan cepat mengambil keputusan untuk menentukan strategi pembelajaran yang akan digunakan.
Kegiatan Penutup>>Langkah-langkah kegiatan penutup antara lain; guru mengajak siswa untuk menyimpulkan materi, melakukan refleksi, dan menyusun program tindak lanjut.
YUKs Brow Guru, demikian tadi uraian singkat saya mengenai langkah-langkah pembelajaran guru di abad 21, mohon sekiranya bisa dikoreksi di kolom komentar 
Wallahu a'lam bishawab
Terimakasih
Wassalamualaikum wr.wb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Abad 21: Langkah - Langkah Pembelajaran Guru di Abad 21"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel