-->

Guru Abad 21: Ketrampilan yang harus dimiliki Guru di Abad 21

Ok Brow Guru, Assalmualaikum dan salam sejahtera untuk kita semua
yuk untuk mewujudkan pembelajaran abad 21 dan HOTS, tentunya kita sebagai guru harus memiliki keterampilan. Yaps ketrampilan yang dibutuhkan di abad 21 diantaranya adalah ketrampilan proses yang baik dalam pembelajaran.
Apa sih ketrampilan Proses itu?


Keterampian proses dapat diartikan sebagai keterampilan guru dalam menyajikan pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran  berpusat kepada siswa (student center), dan merangsang siswa untuk menyelesaikan masalah. Peran guru dalam PBM bukan hanya sebagai sumber belajar, tapi juga sebagai fasilitator.
Nih saya kasih tahu pendapat para ahgli tentang ketrampilan proses seorang guru ya?



  1. Menurut Azhar, keterampilan proses merupakan kemampuan siswa untuk mengelola (memperoleh) yang didapat dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) yang memberikan kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk mengamati, menggolongkan, menafsirkan, meramalkan, menerapkan, merencanakan penelitian, mengkomunikasikan hasil perolehan tersebut. 
  2. Menurut Conny Semiawan, pendekatan keterampilan proses adalah pengembangan sistem belajar yang mengefektifkan siswa (CBSA) dengan cara mengembangkan keterampilan memproses perolehan pengetahuan sehingga peserta didik akan menemukan, mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta menumbuhkan sikap dan nilai yang dituntut dalam tujuan pembelajaran khusus.
  3. Menurut Mulyasa, (2006:70-92) ada 8 (delapan) keterampilan yang harus dimiliki oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, antara lain (1) keterampilan bertanya, (2) memberikan penguatan, (3mengadakan variasi, (4) menjelaskan, (5) membuka dan menutup pelajaran, (6) membimbing diskusi kelompok kecil, (7) mengelola kelas, dan (8) mengajar kelompok kecil dan perorangan.
(Untuk daftar pustakanya dicari sendiri ya hehe)
Kemudian ketrampilan guru selanjutnya adalah Keterampilan bertanya, antara lain keterampilan guru dalam menyampaikan pertanyaan kepada siswa. Tujuannya untuk melakuan menguji pengetahuan dan pemahaman terhadap materi tertentu, melakukan pendalaman, penelusuran, mengklarifikasi, menguji kemampuan berpikir kritis siswa, serta kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Pertanyaan bisa disampaikan baik secara lisan ataupun tertulis.
Bagaimana sih cara bertanya yang baik kepada anak didik. ok untuk acuannya dan etikanya antara lain, pertanyaan yang disampaikan harus singkat, padat, dan jelas, redaksinya dapat dipahami oleh siswa, dan mampu menarik perhatian siswa. Pertanyaan harus menyebar, semua siswa diberi hak yang sama untuk menerima dan menjawab pertanyaan guru, jangan diberikan kepada siswa-siswa tertentu saja.  Pertanyaan harus bersifat terbuka, jangan langsung ditujukan kepada siswa tertentu, pastikan bahwa siswa siap menjawabnya, karena kalau diberikan kepada siswa yang tidak atau belum siap, berpotensi akan mempermalukan siswa di hadapan teman-temannya. Pertanyaan juga bukan diberikan untuk memberikan sanksi kepada siswa yang kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru.


Ok brow guru ketrampilan selanjutnya ketrampilan guru dalam melaksanan proses belajar mengajar  itu senfiri misalnua ketrampilan untuk memberikan penguatan merupakan respon guru terhadap suatu perilaku yang dapat meningkatkan kemungkinan terulangnya kembali perilaku tersebut. Keterampilan melakukan variasi bertujuan agar pembelajaran berjalan menyenangkan dan para siswa tetap memperhatikan penjelasan dari guru, dan agar tujuan pembelajaran. Kemampuan menjelaskan adalah kemampuan guru dalam mendeskripsikan secara lisan tentang sebuah benda, keadaan, fakta, dan data sesuai dengan waktu dan hukum-hukum yang berlaku. dan Kemampuan membuka dan menutup pembelajaran akan terlihat mulai dari gaya dan sikap guru ketika mengajar. Kemampuan ini akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.

Ok Brow. Itu tadi adalah Ketrampilan yang harus dimiliki Guru dalam Abad 21 ini ya. Yuks kita berlomba untuk memberikan pembelajaran yang baik kepada anak dengan berbasis teknologi. semoga pendidikan kita semakin baik. anak didik kita juga semakin baik dengan diiringi perkembangan teknologi yang sangat begitu cepat.
Wallahu A'lam Bishawab

Baca: Langkah-Langkah Pembelajaran Guru Abad 21

Terimakasih 
Wassalamualikum wr.wb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Guru Abad 21: Ketrampilan yang harus dimiliki Guru di Abad 21"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel