-->

Cara Menampilkan OS 64 bit di Virtual Box Untuk Membuat Virtual Machine



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.




ops Ndeso : Adanya kegiatan ujian berbasis komputer ini membuat saya banyak belajar beberapa hal di antaranya yang akan saya terangkan masalah pilihan os 64 bit di virtual box yang tidak muncul pilihannya. 




Dalam hal tersebut perlu kita ketahui apalagi bagi pemula yang sedang menjalankan atau mengoprasikan mesin virtual box yang fungsinya untuk menjalankan sebuah aplikasi yang di desain dalam bentuk virtual machine yang dimana setiap kali saya pelaksanaan ujian komputer saya tidak mengalami hal os 64 bit tidak tampil dalam opsi pilihan tapi pada saat saya membuat virtual machine ARD yang menggunakan VDI dimana kebetulan saya menggunakan laptop baru yang menggunakan windows 10 pro 64 bit ternyata pilihan pada virtual box tidak muncul seperti gambar dibawah ini : 







semua opsi sistem operasi yang akan diinstall hanya ada 32 bit, baik itu type linux atau windows atau lainnya. Oh iya aplikasi virtualbox yang saya gunakan ini saya install di Windows 10 Profesional 64 bit dengan RAM 4 GB. Spek tersebut sudah bisa digunakan mengoperasikan aplikasi virtualbox. tanpa pikir panjang saya langsung eksekusi untuk me enable intel virtual technology dan alhamdulillah setelah saya aktifkan bios lalu masuk ke bios setup lalu ke menu configuration lalu tekan ke bawah tepat pada tulisan intel virtual technology lalu enable dan setelah itu save change . alhamdulillah pilihan os 64 bit bisa tampil.




Fitur ini mungkin tidak semua laptop atau komputer sama. Untuk masuk ke BIOS, saya harus shut down laptop kemudian saya tusuk lobang kecil dibagian pinggir laptop untuk mengaktifkan bios dan untuk cara ini tidak semua laptop sama ada yang tinggal menekan fn + f2 secara terus menerus bisa masuk tinggal kita lihat type laptop yang kita pakek.




Setiap komputer atau laptop mungkin memiliki istilahnya sendiri, setelah berhasil diaktifkan, saya simpan dan keluar dari menu BIOS, kemudian otomatis laptop akan restart. Saya buka kembali aplikasi virtualbox, kemudian saat akan menambah virtual machine yang baru, saya lihat lagi, ternyata fitur 64bit untuk opsi virtual mesin telah muncul seperti berikut:







Sebagai catatan, tidak semua perangkat keras mendukung fitur 64bit tersebut, karena fitur tersebut merupakan bawaan dari pabrik (perangkat keras laptop/komputer), oh iya saya sarankan juga untuk menggunakan sistem operasi 64bit sebagai Host Master-nya apabila anda ingin mengaktifkan fitur 64 bit di virtualbox pada mesin virtualnya.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menampilkan OS 64 bit di Virtual Box Untuk Membuat Virtual Machine"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel