-->

Jangan Klik Syncron Sebelum Melakukan Beberapa Hal Di EMIS TAPEL 2019/2020



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.




ops Ndeso : Semakin dekatnya kegiatan Ujian Nasional bagi siswa/siswi kelas akhir tentu perlu dilakukan pengecekan terhadap data agar semua peserta didik kelas akhir bisa tercover dan bisa mengikuti ujian.




Munculnya menu Capesun di EMIS merupakan kode bahwa sebentar lagi pendataan akan dimulai melalui EMIS hanya tinggal menunggu menu tersebut berfungsi dengan normal yakni bisa menyinkronkan data ke aplikasi PDUN milik Kemendikbud.




Sebenarnya tanpa menunggu fitur itu aktif kita sudah bisa melakukan persiapan dalam hal mendata siswa kelas akhir yang akan mengikuti Ujian Nasional. persiapan tersebut bisa kita mulai dari awal - awal karena jika kita melakukan validasi data di akhir bahkan menjelang menu itu berfungsi maka jelas kita akan kerepotan karena akses di akhir - akhir itu sangat sulit bahkan kebijakannya juga sulit sebagaiman saat ini jika kita input siswa baru tidak langsung masuk, hal tersebut salah satu alasan mengapa kita diharapkan untuk melakukan validasi awal - awal sebagaiman yang admin lakukan yakni pertama kali EMIS di buka admin langsung melakukan pengecekan data yang belum valid dan belum lengkap.




Di EMIS saat ini ada menu capesun yang berfungsi untuk mengirim data ke aplikasi PDUN yang sebagaimana sudah ramai di berbagai group bahkan hal tersebut di sampaikan juga oleh TIM EMIS dalam materinya bahwa pendataan UN saat ini tidak langsung ke BIOUN melainkan dari EMIS ke PDUN, adapun hal yang harus kita lakukan sebelum klik syincron adalah sebagai berikut :




1. Memastikan data siswa kelas akhir sudah lengkap dan valid jika belum valid silahkan perbaiki sesuai prosedur yang sudah di tentukan.




2. Pastikan siswa memiliki NISN yang valid dan bukan milik orang lain jika tidak punya NISN ataupun NISN tidak valid maka bisa di cek di vervalpd dari hasil syincronisasi data dari EMIS dengan arsip PDSPK dan jika siswa belum masuk vervalpd maka silahkan tunggu pasti muncul juga nanti selama data EMIS sudah dilengkapi.




3. Pastikan siswa kelas akhir sudah masuk menu capesun




4. Pastikan sudah punya akun PDUN. untuk akun PDUN kita tunggu informasi dari pusat yang jelas saat ini akun PDUN belum dibagikan.




5. Menunggu surat perintah atau juknis yang mengatur tentang tatacara syincronisasi untuk menghindari kesalahan langkah.




Pada intinya data pastikan lengkap dan valid di EMIS utamanya siswa/siswi kelas akhir dan jika sudah maka kita tinggal menunggu menu Syncron data EMIS ke PDUN dibuka.








"TERIMA KASIH"


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jangan Klik Syncron Sebelum Melakukan Beberapa Hal Di EMIS TAPEL 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel